Hindari Menggunakan Aplikasi Penghemat Baterai, Ini Alasannya

Pengguna Android banyak yang mengeluhkan karena ponsel yang digunakannya begitu boros baterai dan juga sangat menggangu akan persediaan baterai dari handphone yang mereka gunakan, sebenarnya baterai cepat habis dikarenakan aktivitas pada ponsel yang terlalu berat, seperti banyaknya aplikasi yang aktif didalamya serta jaringan yang sangat tidak stabil akan turut serta menguras baterai ponsel.

Atau bisa juga disebabkan karena daya baterai memang kecil, namun akan jadi pertanyaan jika baterai besar juga cepat habisnya.
Sumber Gambar : jalantikus

Berikut 6 Penyebab Kenapa Baterai Android Cepat Habis :


  1. Layar Smartphone

    Untuk ponsel memiliki layar besar serta grafik penampilan layarnya pun sudah berkualitas tinggi akan sangat memakan daya ditambah dengan kecerahan layar yang digunakan akan sangat berefek pada baterai karena layar adalah yang paling utama agar ponsel bisa kita operasikan, jadi hematlah pemakaian baterai dengan cara kurangi kecerahan layar  
  2. Penggunaan Kamera

    Untuk penggunakan kamera sebenarnya membutuhkan daya besar untuk menangkap gambar atau merekam video. nah dengan semakin seringnya menggunakan kamera baterai akan berporos untuk kamera, sedikit tips untuk / Cara menghemat baterai smartphone Android saat menggunakan kamera adalah dengan:
    • Kualitas gambar atau video pada kamera sebaiknya diturunkan dengan demikian kamera bekerja lebih cepat dan ringan.
    • Minimalkan penggunaan fitur HDR untuk baterai minim
    • Jangan gunakan lampu flash saat mengambil foto atau video pada saat cahaya masih stabil
  3. Konektivitas

    Smartphone atau ponsel pintar tidak akan maksimal penggunaanya jika tidak dibarengi dengan konektivitas jadi usahakan selalu ada paket internet ya :D :D . namun penggunaan internet akan menguras baterai karena membuat jaringan akan sangat bekerja keras untuk mencari sinyal yang baik untuk ponsel, beberapa konektivitas penting yang seringkali menyebabkan baterai terkuras yang perlu diperhatikan diantaranya adalah:
    • Menonaktifkan koneksi bluetooth jika sudah tidak dipakai
    • Menonaktifkan koneksi WiFi. Apabila Anda tidak sedang terhubung ke jaringan Wifi, jika tidak maka smartphone akan terus berusaha mencari.
    • Matikan koneksi internet jika tidak dibutuhkan. Jika terpaksa harus selalu online, Anda bisa mengaktifkan mode "2G only" untuk mengurangi kebutuhan daya.
    • GPS (set location) jika tidak dibutuhkan sebaiknya dimatikan.
  4. Aplikasi yang berjalan

    Penggunaan Aplikasi yang sangat banya akan memakan daya baterai cukup serius karena aplikasi berjalan dengan banyak daya, dan yang memakan baterai sangat banyak adalah aplikasi yang bersifat harus online. Hindari Menggunakan Aplikasi Penghemat Baterai, karena bukanya diiming imingi baterai akan lebih hemat malah hanya akan menggangu dan membuat baterai cepat habis serta banyaknya iklan pada aplikasi penghemat baterai, Aplikasi ini banyak tersedia di Google Play Store yang diklaim memiliki fungsi untuk menghemat baterai smartphone kamu. Namun, hal tersebut hanya akan membuat baterai kamu malah cepat terkuras karena aplikasi tersebut akan terus berjalan di latar belakang
  5. Widget pada Homescreen

    Kurangi pemakaian Widget pada Home karena membuat ponsel akan mendistribusikan daya baterai lebih bertambah pada Home karena widget dalam keadaan selalu aktif
  6. Bermain Game Berkualitas tinggi

    Bermain game di ponsel memang menyenangkan. namun negatifnya game-game besar dan berat terutama yang berbentuk 3 dimensi membutuhkan resources hardware dan energi (baterai) yang tidak sedikit. Sehingga tidak heran apabila ketika kita bermain game, smartphone akan mudah panas dan baterai cepat habis.
Komentar Via Facebook

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel