Cara Mengatasi Sinyal Hilang di Android

Cara Mengatasi Sinyal Hilang di Android
Karena semakin canggih teknologi di dunia khususnya pada smartphone, maka semakin meningkan produksi smartphone saat ini, dengan berbagai macam kelebihan seperti pada jaringan, sekaran telah banyan smartphone hadir dengan jaringan super cepat untuk mengakses internet yaitu jaringan LTE/4G.

Tetapi jika ada kesalahan jaringan smartphone anda, maka smartphone anda terasa tidak ada gunanya lagi,

Solusi yang tepat bisa anda baca cara-cara di bawah, tetapi sebelum mencari cara menagatasinya, sebaiknya cari terlebih dahulu  penyebab smartphone anda kehilangan jaringan atau seperti yang di bawah ini :
  1. sinyal sedang tidak tersedia di daerah anda
  2. hp anda error yang bisa di karenakan terjatuh
  3. smartphone anda di setting ke mode hanya menerima jaringan 3G
  4. jaringan sinyal operator naik turun atau tidak konsisten
  5. faktor cuaca yang biasanya karena hujan yang membuat sinyal menjadi lemah
  6. terjadi kerusakan pada software atau hardware anda
  7. ada aplikasi pihak ketiga yang membuat masalah
  8. sedang dilakukanya pemadaman sinyal oleh operator

Masuk Ke Mode Penerbangan
Langkah pertama yang bisa di terapkan pada smaetphone anda adalah masuk ke mode penerbangan selama beberapa menit yang bertujuan agar merestart smartphone anda dalam penerimaan siyar.

Tujuan mode penerbangan ini adalah untuk memutuskan jaringan smartphone sehingga icon sinyal berubah dengan icon pesawat terbang, semonga langkah pertama ini berhasil jika tidak berhasil ciba denagan langkah ke dua di bawah.

Periksa Kartu SIM
Langkah ke dua adalah matikan smartphone anda dan periksa apakah kartu SIM anda terpasang pada posisi yang benar, kemungkinan anda salah saat memasang sehingga kartu SIM tidak terbaca. Membuka kartu SIM dan mematikan smartphone dalam beberapa detik bisa membuat smartphone memulikan jaringan/ merefresh jaringan

Mengganti Mode Penerimaan Jaringan
Smartphone sekarang umumnya mengunakan jaringan yang berkualitas baik seperti 2G, 3G, dan 4G LTE,  2G mampu bekerja pada kekuatan sinyal (850/900/1800/1900 MHz), sementara 3G bekerja pada kekuatan sinyal (900/2100 MHz) dan 4G LTE sendiri lebih bekerja di atas 2100MHz.

untuk menggantinya terbilang mudah pertama masuk ke Settings => Wireless & Networks => Mobile Networks => Network Mode dan sekarang anda bisa melihat pengaturan penerimaan sinyal anda apakah WCDMA Only (HSDPA), GSM Only, atau WCDMA Prefered. sebaiknya pilih GSM only atau WCDMA prefered saja karena mungkin di derah anda sinyal WCDMA atau HSDPA belum di dukung sepenuhnya.

Factory Reset
Factory Reset adalah langkah terakhir jika anda sudah mencoba berbagai cara mengatasi sinyal mendadak hilang di android seperti di atas tetapi ini juga terdengar mengerikan bukan? maka dari itu sebelum ingin melakukan Factory Reset sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu.

cara untuk melakukan Hard Reset masuk ke Settings => Backup & Reset => Factory Data Reset tetapi sebelumnya back up data terlebih dahulu ya seperti foto, video, kontak dan file penting lainya karena Factory Reset menghapus semua data yang ada pada smartphone ada.

itu lah beberapa cara untuk mengatasi sinyal smartphone anda, semoga bermanfaat..
Komentar Via Facebook

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel